" kita selalu lupa jalan pulang, dari mana kita datang, dimana kita sekarang, kemana kita akan pergi, mengambil yang sementara meninggal yang kekal, hidup adalah persinggahan dalam menuju ke distinasi yang kekal abadi "

Khamis, 22 Oktober 2015

Tentang Gurun Sahara

11 Fakta Dari Gurun Sahara

Benarkah kalau titik terpanas didunia ada di Gurun Sahara? Benarkah dahulu ada kehidupan disana? Benarkah dulu disana subur? Memang, Gurun Sahara hanyalah sebuah gurun, namun ia banyak menyimpan misteri di dalamnya. Apa saja itu? Langsung saja ini misterinya.



1.Membentang di 11 negara yang berbeda
Ya, gurun sahara adalah kepunyaan 11 negara berbeda, yaitu mulai dari Algeria, Chad, Egypt, Libya, Mali, Mauritania, Morocco, Niger, Sudan, Tunisia, hingga Sahara Barat.

2.Dahulu adalah daerah yang hijau
Situs Arkeologi Gobero di Niger, Afrika, ditemukan oleh Paul Sereno dari University of Chicago, ketika dia melakukan ekspedisi mencari Dinosaurus. Situs itu digunakan sebagai pemakaman oleh dua penduduk yang berbeda ketika Sahara masih berupa lahan hijau. Dan setelah menjalani pemeriksaan seksama terhadap 67 kuburan mengungkap gaya hidup pemukim wilayah hijau yang kini berubah menjadi gurun pasir. "Orang pertama yang menggunakan pemakaman Gobero adalah Kiffian, pemburu-pengumpul yang tingginya dua meter," kata salah satu anggota tim, Elena Garcea, dari University of Cassino, Italia.

3.Bukanlah titik terpanas di dunia
Walaupun sebenarnya El Aziza di Sahara pernah mencapai 57,8 derajat celcius, namun penelitian terakhir mengatakan, suhu di Gurun Lut, Iran sempat mencapai 70,7 derajat Celcius (159,3 Fahrenheit) pada 2005.

4. Luasnya setara dengan Negara China
Luas Sahara adalah 9,4 juta km persegi, hamper setara dengan China yang luasnya 9,6 juta km persegi.

5.Seperempat dari benua Afrika
Karena areanya yang sangat luas, Sahara mencakupi seperempat dari luas benua Afrika

6.Rumah bagi orang Tuareg
Tuareg adalah grup etnis Berber nomaden. Kebanyakan bangsa Tuareg kini tinggal di Afrika Barat, tetapi mereka nomaden dan pindah di sepanjang Sahara. Mereka memiliki penulisan mereka sendiri yang disebut tifinagh. Kini, kebanyakan Tuareg beragama Muslim. Namun, tidak seperti Muslim lainnya, mereka sangat mengutamakan wanita seperti suku Minangkabau. Pemimpin mereka yang paling penting adalah seorang wanita.

7.Sahara bukanlah gurun terluas
Ini adalah suatu hal yang penting untuk diketahui, sebenarnya sahara bukanlah gurun terluas di dunia, sahara adalah gurun ketiga terluas di dunia setelah Antartika dan Arktik yang sebenarnya juga merpakan gurun.

8.Mempunyai flora endemik
Tahukah kalian kalau Sahara mempunyai sekitar 2800 spesies tumbuhan berpembuluh, dan tahukah kalian, dimana seperempatnya adalah endemik atau hanya tumbuh didaerah itu.

9.Nama Sahara mempunyai arti
Sahara di ambil dari bahasa Arab, dimana artinya juga Gurun –hehehe..- .

10.Sahara pernah kejatuhan salju
Pada tanggal 18 Februari 1979, salju turun di beberapa tempat di Aljazair selatan, termasuk badai salju setengah jam yang memberhentikan lalu lintas di Ghardaia, dan dilaporkan sebagai "untuk pertama kalinya dalam hidup memori". Namun, salju, telah pergi dalam beberapa jam. Beberapa pegunungan Sahara, menerima salju lebih teratur. Meskipun kelembaban relatif rendah dalam lingkungan gersang, kelembaban mutlak cukup tinggi untuk kelembaban untuk menyingkat ketika didorong pegunungan. Di musim dingin, suhu mulai turun cukup rendah di puncak Tahat menyebabkan salju rata-rata setiap tiga tahun; yang Tibesti Pegunungan menerima salju di puncak lebih dari 2.500 meter (8.200 kaki) sekali setiap tujuh tahun rata-rata.

Pada tanggal 18 Januari 2012, salju lagi-lagi turun di beberapa tempat di Aljazair barat. Angin kencang meniup salju di jalan dan bangunan di Provinsi Basyar.

11.Buaya cerdas dulu banyak hidup di Sahara
Dari fosil baru yang digali di Gurun Sahara, Afrika, terungkap bahwa lokasi itu dulunya adalah rawa-rawa tempat hidup sekitar setengah lusin spesies buaya yang tidak biasa, bahkan mungkin cerdas. Demikian dilaporkan sejumlah peneliti, belum lama ini, setelah mempelajari rahang, gigi dan beberapa tulang buaya itu. Seperti dilansir Reuters, para peneliti telah memberikan beberapa nama-nama baru yang cukup aneh untuk buaya-buaya tersebut. Di antaranya adalah BoarCroc, RatCroc, DogCroc, DuckCroc dan PancakeCroc.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan